BERITA

  • 261 SISWA DIREKRUT DUNIA USAHA DUNIA INDUSTRI SEBELUM MEREKA LULUS

    261 SISWA DIREKRUT DUNIA USAHA DUNIA INDUSTRI SEBELUM MEREKA LULUS

    Sungguh luar biasa prestasi sekolah pada tahun 2019 ini, demikian kesan yang disampaikan oleh tokoh masyarakat Rengel yaitu Bapak H. Maftuhien setelah beliau mendengar informasi yang disampaikan oleh pembawa acara dalam agenda wisuda purna siswa yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019 yang lalu. Ibu Nina Royana sang pembawa acara menyampaikan bahwa dari data BKK (Bursa Kerja Khusus) sampai tanggal 2 Mei ini tercatat sedikitnya 261 siswa dari sejumlah 363 yang berada di kelas XII SMKN N Rengel telah mendapatkan tempat bekerja di DU/DI (Dunia Usaha / Dunia Industri) yang berada di berbagai kota di Indonesia.

    Saya selaku tokoh masyarakat Rengel sangat bangga dengan sekolah ini karena telah melaksanakan pembelajaran dengan baik sehingga hasilnya dapat kita rasakan bersama yaitu lulusannya sebagian besar telah mendapatkan tempat kerja walaupun mereka belum dinyatakan lulus dari sekolah. Ini membuktikan bahwa sekolah telah mampu menyakinkan perusahaan ataupun DU/DI tentang prestasi anak didiknya, tidak mungkin perusahaan percaya begitu saja pada sekolah kalau bukan karena prestasi akademik dan non akademiknya yang bagus. Saya ucapkan selamat kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak / Ibu guru dan semua staf yang telah bekerja keras memberikan bimbingan, pengajaran, dan latihan pada anak didiknya sehingga mereka dapat direkrut oleh banyak perusahaan, kata Bapak Maftuhien seusai mengikuti semua rangkaian acara wisuda purna siswa.

    Kami memberikan bekal pada anak didik kami dengan ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang cukup namun di samping itu program utama kami adalah membekali mereka dengan budi pekerti yang baik di antaranya kedisplinan, ketertiban, kesantunan, kesopanan, kejujuran, tanggungjawab, kemampuan komunikasi, kemampuan bekerjasama, dan sikap yang pantang menyerah dan tidak mudah berputus asa serta perilaku-perilaku baik lainya. Alhamdulillah dengan karakter yang unggul ini anak didik kami mendapat penilaian yang baik dari perusahaan sehingga mereka memberikan kepercayaan pada lulusan sekolah  ini untuk berkarir dan ikut mengembangkan perusahaannya ujar kepala sekolah Bapa Drs. Basuki, S.ST., M.Pd.

    Sementara itu pada kesempatan berbeda waka humas Bapak Teguh Ardiansyah mengungkapkan bahwa program BKK adalah memperkuat jalinan komunikasi dengan perusahaan dengan cara kita sampaikan program-program yang ada di sekolah selanjutkan kita tawarkan lulusan dengan berbagai nilai tambah yang dimiliki siswa  untuk dijadikan pertimbangan oleh perusahaan dalam perekrutan pegawai. Dari catatan kami ada 22 perusahaan yang tahun ini bekerjasama dengan SMK N Rengel dalam perekrutan tenaga kerja diantaranya adalah PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Astra Autopart, PT. Astra Honda Motor, PT. Sritex, PT. Medion, PT. Indo Prima, PT. Adventage SCM, UT Scholl, PT GS Bateray, PT Inkasa Jaya Aluminium dan masih banyak lainnya.

    Perusahaan-perusahaan yang merekrut lulusan SMK N Rengel menyebar di seluruh kota Indonesia di antaranya Jakarta, Bandung, Bekasi, Cikarang, Sukoharjo, Surabaya, Blora dan kota besar lainya imbuh Bapak Joko Sunthi yang mendampingi waka Humas di Pokja BKK. Sedangkan jika dilihat dari sebaran jumlah perekrutan dapat digambarkan sebagai berikut PT. AHM merekrut sejumlah 9 siswa dari berbagai jurusan di antaranya Teknik Pengelasan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, dan Teknik Komputer Jaringan. Sementara PT. Astra Auto Part merekrut 5 siswa dari jurusan TKR, TBSM dan Pengelasan, PT. Astra Daihatsu Motor sejumlah 6 siswa dari TKR, TKJ dan TBSM, PT. Indo prima 19 siswa dari Akuntansi, TKJ, MM dan TBSM, PT. Adventage 25 siswa dari berbagai jurusan, PT SAI 24 siswa, Solaria 18 siswa dari MM, Akuntansi dan Tata Busana, PT. Medion 18 siswa, PT. Astra Honda Motor 9 siswa, PT Kemilau 25 siswa dari jurusan tata Busana, PT. PNM 39 siswa dari berbagai jurusan TKJ, Ankuntansi, dan MM, dan yang terbanyak merekrut siswa SMK N Rengel pada tahun 2019 adalah PT. Punkook Indonesia yaitu sejumlah 55 siswa sebagian besar adalah jurusan Akuntansi dan Tata Busana.

    Alhamdulillah tahun ini SMK N Rengel dapat menempatkan diri sebagai sekolah kejuruan yang telah berhasil menyalurkan putra-putrinya untuk bekerja di perusahaan dengan prosentase yang cukup membanggakan, ini adalah prestasi SMK karena sesungguhnya keberhasilan sekolah kejuruan dilihat dari berapa banyak serapan lulusannya di perusahaan atau DU/DI.  Bagi lulusan yang belum terekrut diarahkan untuk memulai berwirausaha secara mandiri karena dengan bekal yang telah diperoleh dari sekolah sesungguhnya mereka sudah dapat mulai untuk berusaha sehingga pada akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya. Aamiin

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks