BERITA

  • AKU CINTA INDONESIA (ACI) SMK NEGERI RENGEL

    AKU CINTA INDONESIA (ACI) SMK NEGERI RENGEL

    Bakat adalah potensi dasar yang dibawa dari lahir. Sedangkan minat adalah kecenderungan  hati  yang  tinggi  terhadap  sesuatu,  ada juga yang memaknai  bakat  (aptitude) sebagai  kemampuan  bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih  lebih  lanjut.  Karena  sifatnya  yang  masih  potensial  atau laten, bakat merupakan potensi yang masih memerlukan pengembangan dan latihan secara serius dan sistematis agar dapat terwujud.

    Potensi dasar yang dibawa sejak lahir oleh peserta didik tentu saja sangat beragam. Namun demikian, setiap peserta didik perlu mendapatkan perhatian dan layanan yang berbeda dengan sebaik-sebaiknya agar dapat berkembang secara optimal. 

    Berkenaan dengan keinginan mengembangkan dan mengoptimalkan bakat dan minat peserta didik, SMK Negeri Rengel pada tahun pelajaran 2019/2020 membuka jenis Ekstrakurikuler baru yang dinamakan dengan ACI “Aku Cinta Indonesia”. Ekstrakurikuler ini dimaksudkan untuk mewadahi peserta didik yang mempunyai ketertarikan dan keinginan untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, peserta didik yang senantiasa beriktiar untuk menjadi penerus bangsa yang senantiasa mencintai Indonesia. Joko Sunthi selaku Pembina Ekstrakurikuler ACI menyampaikan bahwa kegiatan ini meliputi pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia sesuai kaidah bahasa Indonesia baik penulisan ejaan, penggunaan tata bahasa, maupun pembentukan istilah. Melalui latihan dan pembiasaan kami harap peserta akan mampu berkomunikasi dengan lancar serta dapat mengexpresikan ide-ide dan gagasannya secara lisan maupun tulisan.

    Lebih lanjut Ibu Nina Rohana yang juga pembina ACI mengutarakan bahwa ekstra ini memberikan pembelajaran bagaimana menjadi kawula muda yang senantiasa mencintai negaranya baik dalam penggunaan bahasanya maupun tingkahlaku sehari-hari, diantaranya bagaimana bertanggungjawab atas sesuatu hal yang dikakukan, disiplin waktu, kerja keras, toleransi antar sesama, sikap saling menghormati dan menghargai, sportif, pentingnya menjaga persahabatan, dan tentunya mencintai produk-produk Indonesia.

    Melihat antusias yang begitu besar menjadi anggota ACI kami sampai harus membatasi jumlah peserta, melalui serangkaian seleksi dan audisi agar yang lolos adalah anak anak yang berdedikasi dan benar-benar berkeinginan untuk maju. Ada dua tahap dalam seleksi yakni tes tulis dan interview. Setelah semua tahap terlewatkan,  maka hasil akhir diputuskan bahwa peserta exstrakurikuler ACI adalah untuk kelas X sebanyak 30 anak, kelas XI ada 15 anak dan untuk kelas XII ada 40 anak. Sehingga total peserta ACI adalah 85 anak dari tiga jenjang ujar Pak Jeck sapaan akrab untuk Bapak Joko Sunthi.

    Tak hanya sebuah propaganda atau gebrakan belaka, tetapi ada tujuan, rencana, dan materi yang disajikan secara terstruktur dalam program kegiatan Ekstrakurikuler ACI ini. Adapun materi adalah Teks Laporan Hasil Observasi, Teks Anekdot, Teks Eksposisi, Teks Negosiasi, Hikayat, Debat, Biografi, dan Puisi, Teks Prosedur Kompleks, Teks Eksplanasi, Teks Pidato (ceramah), Cerita Pendek, Proposal, Karya Ilmiah, Resensi, dan Bermain Drama, membuat Surat Lamaran Pekerjaan, Teks Cerita Sejarah, Teks Editorial, Novel, Teks Artikel, Kritik Esai serta penguatan pendidikan karakter Aku Cinta Indonesia.

    Konsep pembelajaran dilakukan dengan dua dimensi ruang yaitu di dalam kelas /in door learning dan luar kelas out door learning. Penyampaian beberapa materi dilaksanakan di kelas berbasis IT dengan menggunakan media TV dan HP Android. Sedangkan kegiatan pengembangan karakter dan penguatan skill Cinta Indonesia dilakukan di luar kelas. Waktu kegiatan dilaksanakan sepekan sekali yaitu untuk kelompok kelas XII pada hari Rabu selepas pulang sekolah sedangkan kelas X dan XI dijadwalkan pada hari Senin.

    Untuk menambah kebanggaan sebagai anggota ACI mereka semua sepakat mengenakan pin yang berlogo ACI pada setiap kegiatannya. Hal itu kita lakukan sebagai bentuk komitmen yang kita bangun bersama seloroh salah satu anggota.

    Red: Jeck

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks