BERITA

  • ‘’Lomba Seni Sastra Menulis Cerpen’’.

    ‘’Lomba Seni Sastra Menulis Cerpen’’.

    Dalam rangka menggali potensi siswa dalam bidang sastra SMK Negeri Rengel pada tahun pelajaran 2019/2020 menyelenggarakan lomba seni sastra menulis cerpen yang dihelat bersamaan dengan agenda classmeeting. Peserta lomba adalah siswa siswi kelas X, XI, dan XII. Panitia mewajibkan setiap kelas  mengirimkan peserta untuk mengikuti lomba bergengsi ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Desember 2019 dan diikuti oleh 40 anak yang merupakan perwakilan dari tiap kelas. Panitia menunjuk Bang Jeck (Joko Sunthi, S.Pd) dan Bu Nina Ro (Nina Rohana, S.Pd.) sebagai juri yang mempunyai tanggungjawab dan hak penuh menyeleksi dan menentukan peserta terbaik untuk dikukuhkan menjadi juara. 

    Kegiatan menulis cerpen ini terbagi dalam dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 08.00 sampai 10.00, sedangkan sesi kedua pada pukul 10.30 hingga 12.30 WIB. Bu Nina Ro memberi semangat para peserta dengan senyuman simpul hinga membuat suasana lebih antheng dan nggleyer.

    Setelah waktu mengerjakan selesai duet juri memberi semangat pada para peserta dan berpesan agar menjadikan lomba ini sebagai awal meraih mimpi dan bercerita pada dunia.

    Setelah semua peserta keluar ruangan penilaian pun dilakukan. Saatnya eksekusi, begitu gumam Bang Jeck kepada Bu Nina Ro. Cerpen dari para peserta dikumpulkan dan berdasarkan kriteria  yang sudah disepakati bersama maka juara 1 diraih oleh siswa kelas XII MM atas nama Anis Susilowati dengan judul ‘’Ada Apa dengan Musik. Sementara juara 2 diraih oleh siswa XI AKL 2 atas nama Rona Afianita dengan judul ‘’Senyuman Terakhir’’. Dan peringkat ketiga diraih oleh siswa kelas X TB 2 atas nama Shafa Marwah Nursalsabila dengan judul ‘’Kelambu Sunyi’’

    Selain ajang menuangkan inspirasi dan imajinasi, lomba menulis cerpen ini juga bertujuan untuk meningkatkan Standar Kompetensi Lulusan di Bidang Seni. SMK Negeri Rengel memberikan hadiah berupa bingkisan dan sertifikat kepada masing-masing juara. Hasil kejuaraan tersebut merupakan prestasi dan bukti kerja sama antar kelas. Setiap tetes kata, ide  dan keringat adalah bukti semangat juang peserta. Disamping itu sebagai apresiasi terhadap hasil karya siswa secara bersambung cerpen yang memenangi lomba peringkat 1, 2, dan 3 akan dimuat dalam web sekolah agar semua warga sekolah dan pihak luar dapat mengakses dan membancanya, ujar Ibu Nina Ro.

    Tunjukan potensi dan teruslah berkarya tunas tunas SMK Negeri Rengel, ujar Bang Jeck dalam kalimat pendek dan senyum juangnya. SMK Bisa, SMK N Rengel Luar Biasa. Jeck

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks