BERITA

  • PESANTREN RAMADHAN SMK NEGERI RENGEL TAHUN 2021

    PESANTREN RAMADHAN SMK NEGERI RENGEL TAHUN 2021

    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, bulan penuh ampunan, dan bulan yang mulia. Semua muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Selain itu, pada bulan Ramadhan ini, kita sangat dianjurkan untuk melakukan banyak amal shalih. Hal ini dikarenakan pada bulan ramadhan, amal-amal shalih kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

    Maka dari itu, kami OSIS SMKN Rengel akan melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan seperti yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, pelaksanaan Pesantren Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena berada pada masa pandemi. Namun, pandemi tidak akan menyurutkan semangat kita semua untuk selalu beribadah dan beramal shalih di bulan Ramadhan.

    Pesantren Ramadhan SMK Negeri Rengel dilaksanakan dalam 2 bentuk yaitu daring dan tatap muka, yakni:

    • Kegiatan daring dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Senin dan Selasa, 19 dan 20 April 2021 menggunakan youtube streaming live dengan alamat https://youtu.be/5cMRLdPvtnE dan https://www.youtube.com/watch?v=-L2GG7e4AHw.

    Alhamdulillah Pesantren Ramadhan hari pertama dan kedua dalam bentuk daring berjalan lancar dan tertib. Kegiatan daring hari pertama diisi dengan full materi diawali dengan materi puasa yang disamapaikan ibu Dian Subaniati,S.Pd.I., dilanjutkan dengan materi kedua yaitu tentang Kaifiyah Thoharoh dan bimbingan Sholat oleh Bapak Muhammad Thoha,S.Pd.I kemudian dilanjut materi keutamaan ilmu dan bimbingan akhlaq oleh bapak Muhammad Nur Hasyim,S.Pd.I.

    Kegiatan daring hari kedua diisi dengan full materi juga diawali dengan materi pemberian dalam islam oleh Bapak A. Harun Al Rasyid,S.Pd.I., dilanjutkan dengan materi kedua yaitu tentang tuntunan nikah menuju keluarga sakinah oleh Bapak Nuryanto,S.Ag., kemudian dilanjut materi Kenakalan remaja dan penyakit masyarakat oleh Ibu Dahlia El Hiyaroh,S.Pd.I., kemudian diakhiri materi ulumul Qur’an dan bimbingan doa oleh bapak Muhammad Sutikno,S.Pd.I.

    Pada kegiatan daring ini siswa-siswa menyimak dari rumah dan meresume semua materi yang disampaikan melalui youtbe streaming dan dikumpulkan ketika kegiatan daring tatap muka.

    • Kegiatan tatap muka dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Rabu, Kamis dan Jum’at tanggal 21, 22 dan 23 April 2021 denan rincian kegiatan:
    1. Shalat Dhuha berjama’ah
    2. Khatmil Qur’an bin Nadzor
    3. Kajian Islami
    4. Pengumpulan resume hasil daring
    5. Pembacaan shalawat Nabi
    6. Shalat Dzuhur berjamaah.

    Kegiatan ditutup dengan bagi-bagi takjil kepada anak yatim dan buka bersama. Alhamdulillah Pesantren Ramadhan hari ketiga, keempat dan kelima dalam bentuk tatap muka  berjalan lancar dan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

    Semua Kegiatan Pesantren Ramadhan ini baik bentuk daring maupun tatap muka dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk kepribadian islami dan penanaman nilai-nilai religi kepada peserta didik yang beragama Islam.

    Drs. Moh Mujib B., M.Pd.I. selaku Kepala SMK Negeri Rengel menyampaikan “semoga dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadhan ini mampu menambah wawasan dan keimanan perserta didik SMK Negeri Rengel, serta kegiatan keagamaan tetap dilaksanakan demi terciptanya peserta didik yang sholih dan sholihah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT“. Amiiin yaa mujibas saailiin.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks