SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

  • Sambutan Kepala Sekolah

    Drs. BASUKI, S.ST., M.Pd.

    Kemajuan perekonomian dan teknologi dalam era globalisasi ini semakin menuntut tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten di segala sektor usaha, sehingga mampu menghadapi persaingan yang semakin tajam. Hal ini menyebabkan perlunya peningkatan kemampuan SDM.

    Guna menghadapi tantangan di atas maka, SMK Negeri Rengel menyiapkan lulusannya untuk memiliki karakteristik kualitas sebagai berikut: yang pertama adalah memiliki karakteristik dasar, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, cerdas, berdisiplin, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri, dan memiliki tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan; yang kedua karakteristik kualitas instrumental yang meliputi kamampuan produktif, kemampuan berkomunikasi, kemampuan kerjasama, kemampuan menggunakan data dan informasi, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan menggunakan IPTEK.

    Dalam rangka mewujudkan keunggulan dibidang kebekerjaan SMK Rengel mengoptimalkan program pembelajaran yang berbasis dual system, yaitu pembelajaran terintegrasi antara pemberian pembelajaran di sekolah dan pembelajaran di dunia usaha dunia industri. Dengan model pembelajaran dual system keterkaitan dan kesepadanan antara sekolah dan kebutuhan dunia usaha / industri akan semakin padu. Hubungan antara sekolah dengan dunia usaha dan industri adalah hubungan saling menguntungkan laiknya simbiosis mutualisme, sekolah akan mendapat keuntungan dengan pelatihan dan pembelajaran sesuai dengan kemajuan industri. Demikian halnya dengan Industri juga meraih keuntungan dengan investasi budaya kerja yang nantinya akan mereka nikmati tatkala siswa-siswi telah lulus dan menjadi karyawannya.

    Di samping menyiapkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja di industri, SMK Rengel juga merancang program yang berorientasi pengembangan kewirausahaan. SMK Negeri Rengel mengajarkan bagaimana memulai usaha, sehingga saat nanti siswa-sisiwi telah lulus bisa membuka usaha sendiri dan akhirnya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

    Hal di atas senada dengan program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terkait dengan tenaga kerja, yaitu Millenial Job Center yang berfokus pada penguatan ketrampilan pada generasi muda sehingga memiliki bekal untuk meraih kesempatan bekerja dan berwira usaha. Millenial Job Center adalah wadah untuk menggembleng generasi muda menjadi tenaga professional. Untuk itu SMK Negeri Rengel akan berusaha menjadikan MJC sebagai sebagai kiblat pemberian pelatihan ketrampilan dan penyaluran lulusan.

    Demikian pula halnya dengan program unggulan Propinsi Jawa Timur yang disebut dengan CETTAR (Cepat, Efektif Efisien, Tanggap, Transparan, dan Responsive) untuk menyukseskan program ini SMK Rengel harus bergerak cepat memberikan pelayanan Pendidikan yang terbaik bagi peserta didik berupa antisipasi perubahan jaman dengan melaksanakan program yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengisi pembangunan, tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi dan cepat mengambil sikap dan keputusan  yang terbaik, memberikan akses kepada semua yang berkepentingan untuk memperoleh informasi yang terkini dari sekolah merupakan  bentuk transparansi pertanggungjawaban kegiatan, serta selalu memberikan respon yang positip terhadap semua masukan yang diberikan oleh masyarakat demi perkembangan sekolah.

    Web sekolah dengan alamat http://www.smknrengel.sch.id/ adalah salah satu layanan menyebarkan informasi pada masyarakat dan pemangku kepentingan.